Oleh: Akang Asep | Mei 14, 2010

Safety Riding Course Pulsarian

Samikuring di pagi hari

Samikuring di pagi hari

  Hm, hari Minggu 09-05-2010, R.M. SamiKuring & Carrefour Cikarang jadi saksi bisu keseriusan kami dalam mengikuti acara Safety Riding Course (SRC) yang diadakan oleh pulsarian PRA (pulsarian ranger area) Cikarang a.k.a ROCKET (Ranger of Cikarang Resident) bekerjasama dengan PSRT (Pulsarian Safet Riding Team) yang dipandu Chief Bro Yudi yang berpengalaman bentukan S.A.F.T. Acara juga menghadirkan Ketua Pulsarian Indonesia Bro Edi

Ketum Pulsarian Indonesia

yang juga terjun langsung dalam acara Praktek.  

Suguhan teori yang sudah dipraktekan pemandu tentunya menjadi daya tarik tersendiri, yang membuat rangkaian teori seakan hidup, dan membenam kedalam ingatan kita. Betapa tidak, berbagai pertanyaan pancingan, pemaparan kongkrit, & penjelasan yang masuk akal seputar skill berkendara yang menurut kita hal sepele, justru jadi isu besar! [lha?!], dan memang ternyata dapat dibuktikan bahwa memang itu besar. Fantastis.!

Chief PSRT Bro Yudi & materi SRC paling kompleks.

Beberapa poin yang diaplikasikan, maupun kata2 bijak yang jadi motivasi diantaranya :

1. Naik motor dari kiri motor, ‘tengkep’ rem depan & tuas kopling.

2. Naikkan boncengan dalam kondisi standar tengah / samping diaktifkan.

3. Tarik tuas chuck & putar selector bensin ke arah Off setiap kali motor tidak digunakan.

4. Tekan tuas chuck & putar selector bensin ke arah On setiap kali motor akan digunakan, lakukan pemanasan 1-2 menit oleh chuck.

5.Gunakan Engine Cut-Off sebelum memutar off kunci motor.

“Safety Riding = upaya bagaimana memperkecil resiko & memanage resiko.”

” Biasakan untuk memberikan input pada isi kepala kita dengan hal yang baik, maka output yang keluar akan hal baik. Karena saat ga ada waktu untuk ambil keputusan, maka reflek tubuh, reflek indra, & kesiapan mental akan keluar dengan sendirinya hal baik itu. Jadi biasakanlah..”

“Ber-Fikir Positif-lah terhadap apa yang dihadapi dijalanan, niscaya hati kita akan tenang.”

“Pelajari setiap hari apa yang didapat dalam berkendara, jadikan ilmu untuk lebih cerdas dalam berkendara.”

 “Diperjalanan, terutama disaat krusial ; belok-belokan, ketemu tikungan maka “menyatulah” dengan motor.”

“Andalah yang lebih ‘tahu’ akan motor Anda, meminjamannya pada hakikatnya Anda sedang memberikan resiko pada orang tsb.”

“Rapatkan paha dalam ke tangki motor, rasakan feel Anda, maka sepelan apapun, Anda & motor tidak akan goyang dan kaki tidak akan turun.”

“Hadapi jalan bumpy (berlubang, rusak, bebatuan, etc) dengan Control Steering. Badan maju kedepan, siku lebih di tekuk sehingga titik tubuh terkontrol.”

“Lakukan Head Check sekali lagi pada saat akan membelok.”

“Gunakan 3 Postur Menikung yang sesuai untuk tikungan pendek, tajam, menengah, dan panjang. Body Language merupakan pendukung utama.”

“Hindari perjalanan malam, karna lebih beresiko”

“Kecepatan, harus diimbangi dengan jarak pandang yang sesuai.”

“Saat pengereman, posisikan stang kemudi dalam keadaan lurus”.

“Pengereman yang paing baik adalah dengan Engine Break / Turun gigi.”

“Tehnik pengereman rem depan terbaik dengan cara tuas rem “diremas”.”

“Sudden Break / pengereman dadakan tidak perlu dilakukan jika kita terrencana, maka jaga jarak & ‘melambat’ adalah perencanaan yang baik.”

“Berbahaya, mengatur jarak lurus dengan ban dengan didepannya.”

“Be Seen..! hindari kita berada di area Blind Spot.”

“Sebelum masuk tikungan ke kanan, maka kita berada di kiri, begitu sebaliknya, untuk memantau & memastikan apa2 di ujung sana, termasuk menaksir sudut tikungan.”

“Jika telah ada ditikungan, sudah tidak ada pengereman, yang ada Engine Break yang saatnya nanti dibantu dengan pengereman.”

“Masuk di tikungan selambat mungkin, keluar dari tikungan secepat mungkin.”

“Saat menikung, jangan terlalu dekat dengan mobil box, karena ujung box belakangnya biasanya tidak segaris dengan ban yang menjadikannya lebih luar dan akan sangat tak terduga.”

Demikian sebagian kecil dari hal2 yang sepele namun penting ternyata. Alasan2 besar ada dibalik itu semua. Bisa dijelaskan kemudian.

Adalah penting untuk mencoba & mempraktekan dirumah tentang teknik2 Sudden Break, Slalom, Bumpy Road, & Balancing. Terutama Sudden Break. Agar kita bisa merasakan, menemukan setingan tepat, fungsi reflek dengan baik, dan pengaplikasian rem depan-belakang.

Untuk terciptanya Confidence diri kita Siap menghadapi kondisi dadakan apapun, karena kita telah coba sebelumnya.

Pulsarian prepare praktek

Masing2 stage, terlebih dahulu dikasi pengarahan

Setelah dicoba, direview & diberi masukan.

Teknik Slalom tingkat sulit

Refleksi kegiatan praktek

Teknik darurat menghidupkan motor P200

Sesi tanya-jawab + conclusion

Penyerahan Pin wing PSRT & sertifikat SRC.

Alone we can do a little. Togather we can do so much.

Mari bersama kita terapkan Safety Riding.

Jadilah kita Teladan dijalanan.

Terima kasih untuk management R.M. SamiKuring, Pa Sularno atas penerimaan yang berkesan, dan management Carrefour Cikarang, Bu Yanti atas respon cepatnya.

Akan tetap kami Rekomendasikan, dan tunggu acara kami berikutnya.

Keep Brotherhoods,

Safety Riding First!

 


Responses

  1. Assalamu’alaikum mas.

    Abiss.. mampir dari blog mas nih, Wah.. BLog mas sangat bagus dan bermanfaat..!!

    Betapa senangnya bila mas mau mampir juga di BLog saya.

    Supaya kita bisa menjalin silaturahmi sesama Blogger lebih erat lagi.

    Alamat BLog saya: http://baru2.net

    Salam kenal,
    Dedy Kasamuddin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: